BIMBINGAN TEKNIS PEMBINAAN KELEMBAGAAN DAN MANAJEMEN PAUD DIKMAS DAPODIK 2021

23 Februari 2021 00:00:00  ADMIN  126 Dibaca 

Lampung Tengah, Februari 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah, Bidang Pauddikmas menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Paud Dikmas 2021. Acara dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah Hi. Kusen, S.Pd, MM. Pelaporan kegiatan acara Bimtek disampaikan oleh Kepala Bidang Pauddikmas Bunda Partilah Umar. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatan proses pembelajaran melalui pendataan.

Penyelenggaraan kegiatan Bimtek Dapodik PAUDDIKMAS ini sekaligus penjelasan pendataan SPM sesuai Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung 2 hari dimulai pada tanggal 23 Februari 2021 sampai dengan tanggal 24 Februari 2021 di Aula Hotel BBC Lampung Tengah. Pada kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Operator dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah.

Hal yang paling utama untuk para peserta Bimtek, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuayaan memberikan arahan agar dapat mengikuti secara seksama dan upayakan tanggungjawab kepada para peserta menyampaikan, menginformasikan, dan menularkan pengetahuan yang di dapat pada acara Bimtek ini serta mengawal proses verifikasi dan vaidasi Data Pokok Pendidikan di Wilayah Kecamatannya masing-masing. Kepala Disdikbud Kab. Lampung Tengah juga menyampaikan kepada para peserta Bimtek, bahwasannya Dapodik sangatlah penting sekali, dan jangan sampai ada yang terlambat bahkan data dapodik sekolah tidak dimutakhirkan pada batas waktu yang telah ditentukan. Dan tidak lupa agar untuk para Kepala Satuan Pendidkan ataupun Lembaga Pendidikan, agar dapat bekerjasama, untuk prose pertanggungjawaban data yang dikelola oleh Operator sekolah, agar data yang disingkronkan adalah data yang benar-benar valid terverifikasi serta dapat dipertanggungjawabkan.

Bimtek untuk kali ini diselenggarakan bertepatan dengan detik-detik menjelang Cut Off BOP yaitu pada tanggal 28 Februari 2021 (Permendikbud No. 13 tahun 2020). Pada saat menjelang Cut Off BOP, Kepala Disdikbud Kab. Lampung Tengah menyampaikan kembali agar mulai saat ini setiap satuan pendidikan dapat memverifikasi dan validasi data, kemudian diharapkan semua sekolah saat ini sudah singkron dapodik semua. Jangan sampai ada yang lewat batas waktu yang telah ditentukan, Sekolah masih saja ada yang belum singkron. 

Materi Bimtek yang disampaikan oleh Narasumber Sdr. Yudi Harismawanto (Staf Manajemen data Disdikbud Kab. Lampung Tengah) adalah proses pemutakhiran data yang benar-benar riil dan mekanisme pelaporan data dapodik serta singkronisasi data menjelang cut off BOP Februari 2021. Kemudian untuk Proses Verifikasi dan Validasi data Peserta Didik, Verval Data PTK, Verval Satuan Pendidikan disampaikan oleh Sdr. Khoirul Anwar (Admin Data Pokok Pendidikan SMP Negeri 1 Gunun Sugih) sebagai Pemateri tentang Mekanisme Verifikasi Data Pokok Pendidikan. Sampai dengan hari ini, ternyata masih banyak sekali data yang belum valid, dikarenakan beberapa maslah yang terjadi di lapangan, dan kemungkinan karena banyak hal yang baru dirasakan oleh para operator sekolah pada konsep satu data terintegrasi yang dituangkan di Aplikasi Dapdoik Versi saat ini.

Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan ini diharapkan nantinya data Dapodik yang dikirim ke Kementerian benar-benar telah valid, sehingga kebutuhan-kebutuhan data yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menunjang proses pembelajaran Indonesia yang adil merata dapat terealisasi dan dirasakan oleh semua warga Negara Republik Indonesia, khususnya Pendidikan di Kabupaten Lampung Tengah.

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:28
    Total Pengunjung:3.005
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    Browser:Tidak ditemukan