Mekanisme Tambah Data PTK Baru

Kepada Yth. 

1. Kepala KB
2. Kepala TK Negeri/Swasta
3. Kepala SD Negeri
4. Kepala SMP Negeri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan Teknologi Informasi Nomor 3187/J1/TI/2020 Perihal Tata Kelola Pendataan Pendidikan Tanggal 06 Juni 2020. Merujuk dari surat Mentri Dalam Negeri Nomor 470/3162/SJ tanggal 15 Mei 2020 tentang penerapan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemdikbud. 
Maka dengan ini kami sampaikan kepada Saudara untuk Alur dan Syarat Penambahan Guru dan Tenaga Kependidikan pada Data pokok Pendidikan (Dapodik).

SATUAN PENDIDIKAN

  1. Menyiapkan dokumen persyaratan untuk proses tambah PTK Baru ke dinas pendidikan/yayasan pendidikan;
  2. Menarik data PTK Baru dari Manajemen Dapodik melalui proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodik;
  3. Merekam data rinci PTK Baru melalui aplikasi Dapodik; dan
  4. Mengirimkan data rinci PTK Baru ke Pusat melalui proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.

DISDIKBUD LAMTENG

  1. Melakukan verifikasi data dan validasi dokumen persyaratan Tambah PTK Baru dari satuan pendidikan;
  2. Merekam data PTK baru pada laman Pengelolaan Data PTK Baru, meliputi data: Identitas, Domisili, Kepegawaian, dan Penugasan; dan
  3. Memberikan persetujuan atas pengajuan penambahan PTK Baru dari sekolah-sekolah dibawah binaan Yayasan Pendidikan (Khusus Dinas Pendidikan).

 

  PERSYARATAN : 

1.  Kartu Keluarga (KK);

2.  Kartu Tanda Penduduk (KTP);

3.  Surat Keterangan Domisili dari kantor kependudukan setempat;

4.  Surat Keputusan (SK) Pengangkatan :

  • bagi PTK berstatus CPNS/PNS, berupa SK pengangkatan sebagai CPNS/PNS yang ditetapkan
  • oleh Pejabat Pembina Kepegawaian terkait;
  • bagi PTK berstatus pegawai tidak tetap dan mengampu di sekolah negeri, berupa SK
  • pengangkatan atau Surat Perjanjian Kerja yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian terkait;
  • bagi PTK yang mengampu di sekolah swasta, berupa SK pengangkatan atau Surat Perjanjian
  • Kerja yang ditetapkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan;

5.  Surat Keputusan (SK) Penugasan di satuan pendidikan yang ditetapkan oleh Kepala Satuan Pendidikan;

6.  Sertifikat Lisensi Kepala Sekolah (Opsional).

 

ALUR SISTEM PROSES PENGAJUAN TAMBAH DATA PTK BARU

  1. Prosedur tambah PTK dilakukan oleh dinas kab/ kota/ provinsi melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.
  2. Jika sekolah tersebut berstatus sekolah swasta, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/ kota/ provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Pengangkatan dari kepala sekolah/ yayasan.
  3. Jika sekolah yang akan menambahkan PTK Baru berstatus sekolah negeri, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Penugasan/Pengangkatan dari dinas kab/ kota/ provinsi.
  4. Selanjutnya petugas dinas kab/ kota/ provinsi mengecek analisis kebutuhan guru di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi SIM Rasio Guru. Seluruh kewenangan dalam prosedur penambahan PTK Baru diberikan kepada dinas kab/kota/provinsi setempat.
  5. Petugas dinas kab/ kota/ provinsi menambahkan PTK Baru melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen.
  6. Petugas dinas kab/ kota/ provinsi memberi informasi kepada sekolah bahwa proses tambah PTK Baru telah selesai dilakukan.
  7. Admin Sekolah melakukan proses singkronisasi aplikasi dapodik agar data PTK baru masuk ke Localhost aplikasi dapodik sekolahnya.

 

LAMPIRAN : 

Unduh Mekanisme Tambah Data PTK Baru Dapodik

Unduh Lampiran Dokumen Persyaratan

Unduh Lampiran Tambah PTK Baru Sekolah Swasta